I AM AJNABEE

" Kerja sambil piknik ya itu sudah menjadi bagian dari saya. Tidak akan ada cerita tanpa adanya perjalanan.. karena bagi saya ada jalan ya ada cerita.. kalau gak jalan ya tidak ada cerita..Simpel dan tidak pakai ribet.. semua jalani saja.."

KETIKA KARANG BOLONG MENYAPA...

Kerja sambil piknik?
Ahaa itu hobi saya tanpa harus melalaikan tugas utama kantor. Istilahnya sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui sambil nyari berita buat ditulis. Jadi kerjaan tetap jalan, piknik nya dapat dan artikel pun gak putus. Seperti cerita perjalanan kali ini. Saya kebetulan ditugaskan untuk mendampingi pembuatan video profile pariwisata kabupaten Tanggamus oleh Tim Akrala Event Organizer bersama Mbak Fillia Anindhita selaku Kasi Promosi dan rekan saya, Wagito selaku fotografer kantor. Sebenarnya yang mau ikut juga banyak namun entah kenapa pas jadwal yang ditentukan pada hari ini, banyak yang tidak bisa ikut. Rencana pembutan video pada hari yang ditentukan ini adalah menuju pantai karang bolong, karang putih, dermaga batu balai dan tempat-tempat disepanjang pesisir pantai teluk semaka. Yes, senang rasanya ketika banyak yang mau ikut jadi bisa jalan-jalan beramai-ramai dengan rekan kantor termasuk Ibu Kadis, Retno Noviana yang ingin sekali pergi ke pantai Karang Bolong. Namun, ternyata kebersamaan itu hilang karena tak ada yg ikut, yasudah tidak apa-apa yang penting kerjaan tetap jalan.

Rafflessia Arnoldi di Patok 50, TNBBS (foto by Marhasan Samba)
Kami sudah menentukan waktu pukul 09.00 pagi untuk start menuju dermaga Limau setelah di pagi hari Tima Akrala yang terdiri dari Mas Dedi, Ega, Gilang, Idham, Edo dan Andre terlebih dahulu mengambil video sunrise di puncak sedayu dan meliput Rhino Camp dan Bunga Rafflesia Arnoldi di TAman Nasional Bukit Barisan Selatan. Dan ternyata waktu molor satu jam, kami baru berangkat pukul 10.00 WIB.

Taman Makam Pahlawan (foto by Wagito)
Kami mulai berangkat dari rumah Bapak Marhasan Samba, selaku Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Tanggamus karena teman-teman dari Akrala bermalam di rumah beliau. Terlebih dahulu kami mampir dan mengambil dokumentasi di Taman Makam Pahlawan, Kota Agung. Dengan arsitektur yang unik dengan patung bambu runcing besar sekali di depan Taman makam. Bangunan di dalamnya pun indah, meskipun ini adalah makam yang sakral namun arsitekturnya cukup mengagumkan dengan tetap menampakkan ciri khas daerah Tanggamus . Setelah selesai kami segera melanjutkan perjalanan.

Menyusuri jalanan di pinggir pantai memang hal yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi dengan pemandangan laut yang biru ditambah pegunungan bukit barisan yang membentang lepas di seberang teluk semaka. Saya begitu kagum sambil menyetir mobil. Terbayang dengan pemandangan seindah ini seperti jalan-jalan di luar negeri yang indah di tepi pantai, namun jalanan yang ini masih benar-benar alami. Rumput-rumput hijau tinggi masih tumbuh dipinggir jalan di sela-sela pepohonan yang besar.  Tak berapa lama sampailah kami di dermaga batu balai.
Dermaga Batu Balai, Limau (foto by Elvan)

Sebuah dermaga panjang dan berbelok ke arah kanan dengan panjang kurang lebih 500 meter. Dermaga yang terletak di Kawasan Industri Maritim ini memang sudah dibangun meskipun rencana kawasan ini sedang dalam rencana pembangunan. Lokasinya sungguh luas dan kini sedang ditumbuhi rumpu-rumput ilalang yang membentang di seluruh area kawasan. Ibaratnya seperti savana, sebuah padang rumput hijau yang luas. Saya menyempatkan diri berfoto di tengah-tengah padang ilalang itu seperti di negeri dongeng rasanya. Ternyata yang lain juga ada yang ikut foto juga, termasuk Mbk Dhita dan Mas Dedi, si pemilik Akrala Event Organizer. Pengambilan video dengan kamera drone pun tidak boleh dilewatkan. Dengan latar dermaga yang indah ini, hasilnya pun akan jadi lebih indah. Kerennn....

Padang Ilalang yang luas... (foto by wagito)
Tidak terasa sudah pukul 12.10 WIB, perut sudah mulai keroncongan. Awalnya saya begitu yakin kalau sepanjang perjalanan menuju Cukuh Balak akan ada rumah makan, ya setidaknya ada warung bakso yang bisa dimampiri, ternyata tidak ada. Ahh, nyesel juga tidak bungkus saja tadi dari rumah makan di Kota Agung pikir saya. Padahal tadi Mbak Dhita sudah menawari saya. Namun saya bilang tidak usah. Sekarang baru terasa laparnya. Donat yang kami beli pas berangkat tadi sudah habis dan tak bersisa. Hampir satu jam kami mencari rumah makan, akhirnya dapat juga di dekat Kantor Camat Cukuh Balak. Memang tujuan kami berikutnya adalah ke pantai karang putih di Cukuh Balak. Ahh lega rasanya, meskipun rumah makan sederhana yang penting ada nasi.. hehe

Kami ber sembilan segera menyantap makanan yang ada. Ikan goreng, ayam goreng, pepes ikan mas, sambal dan sayur bayam campur labu pun tidak luput dari piring kami. Agak heran juga saya sebenarnya sayur bayam dicampur labu, hmmm mungkin labunya sebagai variasi saja biar sayur beningnya ada warna kuning-kuning labu. Hihi okelah... nambah nasi, pasti dong meskipun saya tengak-tengok gak ada yang nambah, biarlah saya nambah nasi sendiri (Gak usah heran, dah biasa)

Waktu itu cuaca masih gerimis, agak sangsi juga mau meneruskan pengambilan video di pantai karang putih ini. “ Apa kita harus ambil video dalam keadaan gerimis begini?” tanya saya.

“Kita nunggu sebentar lagi mas ya, soalnya kalau hujan drone gak bisa naik,” Jawab Andre yang kebetulan sebagai pilot drone.

“Oke kita menunggu di pantai saja, sambil melihat keadaan ,” kata saya memutuskan.

Sepakat kami semua berangkat dan menunggu gerimis reda di Pantai saja. Letak pantai karang putih tidak jauh dari tempat kami makan hanya 5 menit saja. Pantai yang mudah dijangkau karena letaknya berada di pinggir jalan. Ahh ternyata ketika sampai di pantai, gerimis sudah reda. Rezeki traveler soleh, hehehe

Karang Putih.... (foto by Elvan)
Pantai ini memang terkesan biasa saja, layaknya pantai-pantai lainnya. Yang membuat pantai ini unik adalah adanya gugusan bebatuan karang yang berada tidak jauh dari pantai, sekitar 100 meter. Ada karang yang menjulang tinggi dan beberapa karang besar di sekitarnya yang berwarna agak putih dan abu-abu. Indah sekali dengan deburan ombak yang menghantam kokoh pada karang tersebut. Kita bisa menyeberangi ke karang tersebut saat pantai sedang surut. Inilah pantai karang putih.

Pantai Khuguk... (foto by Dhita)
Pukul 15.00 WIB.. pengambilan video karang putih sudaah selesai. Kami putuskan untuk segera kembali dan menuju pantai karang bolong. sengaja kami menuju Pantai Karang Bolong saat pulang, karena biar santai dan sambil istirahat di pantai itu. Namun sebelum sampai di Karang Bolong kami berhenti di sebuah pantai yang menarik sekali untuk disinggahi. Pantai yang tidak berpasir namun terdapat batu karang yang besar dan lebar di pantainya. Di seberang batu karang yang lebar luar biasa ini ada bebatuan karang yang berlapis-lapis. Indah sekali..  Saya kemudian bertanya kepada beberapa bapak-bapak yang kebetulan sedang duduk tidak jauh dari pantai itu. Dari keterangan Bapak itu, Pantai ini bernama pantai Khuguk / Ruguk. Pantai ini sangat ramai dikunjungi saat liburan tiba. Oleh hanya kerana orang lewat yang mampir atau memang sengaja datang kesini. Belum ada yang mengelola pantai ini, para pengunjung hanya datang, berfoto, duduk dan sekedar santai disini. Wahh sayang sekali tidak ada yang mengelolanya fikir saya.

Karang Bolong  (foto by Elvan)
Tidak lama kami singgah di pantai khuguk, kami segera menuju pantai Karang Bolong. Kurang lebih sekitar 10 menit kami sampai di pantai karang bolong. Melihat bentuknya yang panjang dan memang benar-benar bolong di sisi sebelah kirinya. Mungkin karena hempasan ombak beberapa ratus tahun yang lalu hingga membuat batu karang ini bolong.  Menariknya, karang bolong ini hanya sendiri berdiri tegak di tepi pantai. Tidak ada karang-karang lain di sekitarnya atau bongkahan-bongkahan karang lain, hanya pasir yang membentang luas. Jadi memang karang bolong ini berdiri sendiri. Bagaimana mungkin? Mungkin bisa saja karang-karang disekelilingnya sudah hancur terkena hempasan ombak di waktu lampau dan tinggallah hanya karang bolong ini yang masih bertahan.

Di puncak Karang Bolong (foto by Wagito)
Kami tidak sabar untuk mengabadikan moment-moment indah disini. Ada yang sampai naik ke puncak karang bolong untuk berfoto (termasuk saya, hehe). Ada kejadian yang tidak terduga saat pengambilan video disini. Mas Dedi dari Akrala ingin merekam video saya, Mbk Dhita dan Wagito sedang berjalan dengan latar belakang karang bolong itu. Alih-alih menunggu ombak datang dulu biar saat kami berjalan, kami serasa diterpa lembut oleh deburan ombak di kaki-kaki kami jadi terkesan alami. Namun kami tidak menyangka kalau ombaknya akan datang dua kali lebih besar. Nah, saat proses perekaman dan ombak besar datang, kami tidak menyadari akan besarnya ombak dan yang terjadi kami oleng dan Mbak Dhita terjatuh terjerembab diatas pasir dan badan jadi basah kuyup. Semua jadi panik, Mas Dedi berusaha menyelamatkan kamera dan berlari. Saya dan Wagito menarik Mbak Dhita hingga ke tepi pantai. Kami semua terbahak-bahak.  Saya justru heran mengapa tiba-tiba ombak datang dua kali. Untung pas adegan terjatuh ini tidak terekam kamera.

Difoto pake drone (foto by Wagito)
Saya tersenyum dengan kejadian ini. Ahh Karang bolong rupanya ingin menyapa dan ngajak bercanda pikir saya. Salam perkenalan wahai karang bolong yang indah... Tenang saja kami tidak akan mengganggu dan merusakmu, justru kami akan memeliharamu..

Kami berlalu dari karang bolong sebagai tujuan terakhir kami hari ini untuk perekaman video. Banyak destinasi wisata yang masih belum dikelola dan dijaga di Tanggamus ini meskipun memiliki potensi yang luar biasa termasuk Karang Bolong. Sepanjang pesisir pantai Teluk Semaka ini mempunyai banyak spot yang bagus jika pengunjung ingin berfoto atau sekedar beristirahat. Saya pun bermimpi jika suatu saat nanti sepanjang pantai ini akan menjadi sebuah destinasi wisata bahari yang ramai dan sejahtera bagi masyarakat.. ya, itu kemungkinan yang akan terwujud....