I AM AJNABEE

" Kerja sambil piknik ya itu sudah menjadi bagian dari saya. Tidak akan ada cerita tanpa adanya perjalanan.. karena bagi saya ada jalan ya ada cerita.. kalau gak jalan ya tidak ada cerita..Simpel dan tidak pakai ribet.. semua jalani saja.."

Mengikuti Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan




Pada Rabu sore ketika pulang kerja..
“Van, ada pelatihan tentang pariwisata nih, tapi khusus blogger deh kayaknya ,” kata Mbk Fillia Anindhita, selaku Kasi Promosi Dinas Pariwisata Tanggamus memberitahu saya sambil menunjukkan akun instagram @pariwisatalampung.  Memang di akun itu tertulis ada beberapa akun yang terpilih untuk mengikuti Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan di Hotel Horison hari Sabtu 08 April 2017. Ada 10 akun terpilih yang mengikuti acara tersebut. Setelah saya perhatikan ternyata mereka tidak semuanya blogger, beberapa dari mereka itu adalah pemilik akun instagram yang aktif dalam promosi wisata. Ah, mungkinkah saya bisa ikut sementara saya punya akun instagram aktif dan punya blog juga. Iseng-iseng saya menghubungi contact person yang tertera kalau-kalau masih ada kuota agar saya bisa ikut. Walhasil, masih bisa ikut untuk saya sendiri, Alhamdulillah.. mengingat acara ini bagi saya penting untuk menambah wawasan tentang kepariwisataan.

Bareng Pak Ari, Pak Arief dan Mas Yopie (keliling lampung)
Pada hari H saya benar-benar meluangkan untuk hadir di acara tersebut di Hotel Horison. Wah, ramai sekali pesertanya lebih dari 100 orang. Wajah-wajah asing yang seliweran dan tak ada yang saya kenal. Saya pun kemudian mengisi buku kehadiran peserta dan menandatangi beberapa kertas yang banyak sekali, lumayan lah dapat kaos ukuran S, biar kecil tetap diambil, rezeki ayah soleh, hehe..
Ternyata di dalam ruangan ada teman-teman juga yang saya kenal dari Dinas Pariwisata Provinsi Lampung. Saya pun iseng-iseng bertanya mengenai peserta pelatihan ini dan ternyata tidak semua blogger, tapi sebagian dari ASITA, PHRI, Pokdarwis terpilih, Tour and Travel dan beberapa pelaku pariwisata lain yang memang diundang dalam acara ini. Wah, bangga juga bisa bergabung dengan para pelaku pariwisata ini. Biarpun saya Cuma bisanya menulis sedikit-sedikit di Blog saya dan juga aktif di akun media sosial instagram @ajnabeezone dan @majestictanggamus. 

Deputi Bidang Pengembangan dan Kelembagaan  Bp Dr. H.M AHman Sya
Acara dibuka oleh Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan dari Kementerian Pariwisata, Bapak Prof. Dr. H.M Ahman Sya. Banyak hal yang disampaikan oleh beliau dalam acara ini. Diantaranya adalah melalui Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan ini diharapkan dapat membangkitkan semangat pariwisata bagi peserta dari yang tadinya tidak tahu bisa menjadi tahu atau yang tadinya sedang vakum atau pasif kini jadi bersemangat kembali. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa kita harus menjadi kader pariwisata yang dapat menyampaikan kepada masyarakat. Kebanyakan masyarakat belum faham tentang dunia pariwisata termasuk para pengelola objek wisata yang harus dibekali tentang kepariwisataan. 

Pariwisata saat ini mejadi salah satu pembangunan prioritas nasional oleh Bapak Jokowi. Mengingat naiknya kunjungan wisatawan mancanegara ataupun wisatawan domestik yang berkunjung ke Indonesia. Untuk membangun pariwisata yang lebih maju lagi makan dibutuhkan SDM yang handal demi terciptanya dan majunya setiap objek wisata di tiap-tiap daerah, misalnya dengan menerapkan Sapta Pesona. Ya, menurut saya pun seperti itu, asal penerapan Sapta Pesona yang benar-benar serius di setiap objek wisata, maka kunjungan wisatawan pun akan meningkat. Pada hakikatnya pariwisata itu gampang tidak perlu eksploitasi alam, kita cukup memelihara alam yang sudah ada tanpa merusaknya.

Dapet Tshirt dan no ajaib... hehehe
Ada banyak materi yang disampaikan oleh beberapa pemateri yang sangat menarik, salah satunya adalah tentang Peran Masyarakat dan Industri Pariwisata Untuk Pembangunan yang disampaikan oleh Ir. Dwita Ria Gunadi dari Komisi X DPR RI.  Menurut beliau, target kepariwisataan di Indonesia itu antara lain meningkatkan kunjungan wisatawan.  Kita sebagai masyarakat harus berperan aktif dalam mempromosikan setiap objek wisata. Hal paling mudah dalam promosi pariwisata adalah melalui media sosial. Ada banyak media sosial yang dapat digunakan sebagai media promosi, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan yang lainnya. Termasuk blog tentang pariwisata yang bisa dibaca oleh banyak orang secara umum. Ini adalah media promosi yang paling mudah dan hampir setiap orang mempunyai media sosial. Selain itu, industri pariwisata dari setiap objek wisata juga harus ditingkatkan. Karena hal itulah yang akan membantu perekonomian masyarakat jadi lebih maju dan makmur.

Santap siang...
Kegiatan Pelatihan ini berlangsung hingga pukul 16.30 WIB. Ada beberapa materi yang disampaikan setelah makan siang. Pada intinya, semua materi mengacu pada peningkatan SDM yang bergerak di bidang pariwisata, menumbuhkembangkan ekonomi kreatif masyarakat sekitar ODTW dan menjadi pelayan yang baik saat wisatawan datang berkunjung.  
Itulah yang bisa saya tangkap dari setiap materi pelatihan yang disampaikan. Sedikit yang kurang dari acara ini adalah tentang materi yang tidak dibagikan dalam bentuk fotokopi kepada peserta. Ketika saya minta materi kedalam Flashdisk yang saya tawarkan, mereka bilang nanti materi akan disebar melalui email. Agak heran juga, ini peserta banyak sekali, kapan mau dibagi lewat emailnya. Ah, saya tidak mau ambil pusing. Maksud saya adalah itu bukti materi yang bisa jadi laporan kongkrit ketika sudah selesai dari pelatihan. Namun, saya sudah ada catatan-catatan sendiri dalam buku saya yang bisa saya tulis. Semoga ada manfaatnya,,,

Dapat Sertifikat... Sapa tau bermanfaat...

4 komentar: